Teknologi informasi terus mengalami perkembangan yang semakin pesat, ini terlihat dari perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak yang semakin tinggi teknologinya. Dibarengi dengan penyebaran teknologi internet yang semakin merata di seluruh indonesia. Ini memberikan peluang bagi masyarakat yang memiliki keinginan mengembangkan teknologi      dapat mengakses internet untuk dapat berkomunikasi dengan dunia Global. Terutama didunia akademis Perkembangan Teknologi semakin mempermudah para peneliti dalam mengembangkan keilmuannya.            
Untuk itu Program Studi Teknik Informatika Universitas Trunojoyo Madura mengadakan
Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komputasi 2014 (SENASTIK). Pada kegiatan ini terjadi pertemuan antara pakar-pakar peneliti dari berbagai universitas yang saling berinteraksi dan berdiskusi dalam kerangka pengembangan teknologi. Pada tahun ketiga ini, kami mengangkat tema “Pengembangan dan Pemanfaatan Riset IoT ( Internet of Things) untuk bidang Pendidikan dan Industri”. Tema tersebut bertujuan untuk mengangkat perkembangan teknologi yang diimplementasikan pada dunia Pendidikan dan Industri.
           
 Pada senastik 2014 ini dihadiri oleh Rektor UTM Bapak Prof.Dr.Ir. Arifin,MS yang membuka acara senastik. Dihadiri juga oleh beberapa undangan dari Fakultas Teknik dari jajaran Dekanat sampai Program Studi, seperti Teknik Elektro, Teknik Industri, D3 Manajemen Informatika,D3 TMJ dan D3 Mekatronika. Keynote Speaker yang mengisi adalah Dr.Eng Anto Satrio Nugroho dari BPPT Serpong Jakarta dan Bapak Yansen Kamto CEO dari Kibar. Acara juga dimeriahkan oleh pameran hasil karya mahasiswa Teknik Informatika yaitu Robot Lego dan Produk Game yang bermacam macam.
           
GSA ( Google Student Ambasador ) kuga memeriahkan dengan memberikan materi tentang GSA sendiri dan program programnya serta memberikan survenir kepada Peserta yang terutama dari luar madura. Peserta yang memberikan pertanyaan juga mendapatkan survenir dari GSA. Dengan hadirnya GSA di kampus terutama diprakarsai oleh mahasiswa Teknik Informatika membuat acara SENASTIK 2014 ini cukup berkesan bagi peserta yang hadir.
           
Adapun jumlah artikel yang dipublikasikan adalah 39 Paper dari berbagai Universitas. 

Pada Hari kedua para pemakalah diberikan fasilitas “Tour de Madura”. Peserta dikelilingkan di kota bangkalan dan wisata sekitarnya untuk mengenalkan budaya madura. Hal tersebut mendapatkan apresiasi dari peserta terutama peserta yang dari luar Kampus UTM. Hal tersebut yang dijadikan promosi untuk menarik peserta dari luar. Kami mengucapkan puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa  atas terlaksanakannya agenda tahunan ini. Dan tidak lupa kami sampaikan banyak terima kasih kepada seluruh jajaran panitia yang bekerja keras untuk menyukseskan acara ini serta kepada pihak-pihak terkait yang berkenan untuk membantu meluangkan tenaga dan pikirannya.            
Pada kesempatan ini kami juga menyampaikan terima kasih kepada para penyaji dan penulis makalah, penyunting serta redaksi pelaksana yang telah bekerja keras sehingga kegiatan SENASTIK 2014 berjalan dengan sukses.

Tinggalkan Komentar