Program Studi Teknik Informatika merupakn salah satu Program Studi yang bernaung di Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo diresmikan Berdasarkan Keputusan Presiden R.I. Nomor 85 Tahun 2001 tanggal 5 Juli 2001, bersamaan dengan diresmikannya Universitas Trunojoyo menjadi universitas negeri ke 7 di jawa timur.

Pada saat ini Program Studi S1 Teknik Informatika sudah meluluskan kurang lebih 409 mahasiswa. dengan student body prodi kurang lebih 540 mahasiswa. prodi Teknik Informatika diperkuat dengan 28 dosen tetap dan 6 dosen tidak tetap, dimana 2 dosen kualifikasi S3, sisanya kulaifikasi S2 dan atau sedang menempuh S2. Dosen di prodi teknik informatika berasal dari berbagai bidang ilmu, dimana bidang ilmu ini saling melengkapi, antara lain bidang ilmu informatika, elektro komputer, matematika. Dari keseluruhan dosen tersebut, terbagi dalam 4 bidang minat, yaitu Komputasi Sistem Cerdas, SIstem Terdistribusi, Digital Multimedia serta Sistem Informasi dan Rekayasa Perangkat Lunak

Sebagai prodi yang banyak dimiliki oleh institusi-institusi negeri dan swasta, prodi Teknik Informatika Universitas Trunojoyo dituntut untuk berpacu mengejar ketertinggalan dengan prodi yang sama pada institusi lain. Dan dapat dipastikan bahwa tingkat persaingan sangat tinggi. Untuk itu prodi Teknik Informatika Universitas Trunojoyo harus mampu menciptakan ciri pembeda, agar dapat menarik minat dari calon mahasiswa. Dalam perkembangannya, pada tahun 2005 – 2006, prodi Teknik Informatika mendapatkan hibah kompetisi A1, dimana tujuan kegiatan yang dilakukan adalah peningkatan manajemen internal prodi.

Apabila dilihat dan perspektif wilayah Madura, maka potensi pengembangan program studi Teknik Informatika khususnya dan Universitas Trunojoyo pada umumnya masih sangat terbuka. Sebagai satu-satunya PTN yang ada di Pulau Madura, kontribusi Universitas Trunojoyo sangat diharapkan untuk dapat memacu perkembangan wilayah khususnya setelah dibangunnya Jembatan Suramadu. Demikian juga dengan Jurusan Teknik Informatika, kondisi infrastruktur Pulau Madura yang sudah terjangkau jaringan internet dan kemajuan teknologi serta adanya rencana industrialisasi pasca Jembatan Suramadu memberikan peluang bagi prodi Teknik Informatika untuk mengembangkan SDM daerah yang berbasis teknologi informasi.

Kaprodi Teknik Informatika dari Masa ke Masa 
2001 s/d 2005 Dr. Arif Muntasa, S.Si., MT.

2005 s/d 2008 Moch. Kautsar Sophan, S.Kom., M.MT.
2008 s/d 2009 Cucun Very Angkoso, ST., MT.
2009 s/d 2013 Firdaus Solihin, S.Kom., M.Kom